Jumat, 03 Oktober 2014

EKSOTIKA GUNUNG PAKUWOJO



EKSOTIKA GUNUNG PAKUWOJO


Memang gak ada habisnya bicara tentang indahnya dataran tinggi dieng, kita akan selalu menemukan tempat2  baru yang mesti harus di datengin.

Salah satunya gunung Pakuwojo, gunung yang baru-baru ini dibuka pendakiannya.
Basecamp gunung ini berada di dusun Sidorejo, Desa tieng.

Gunung ini mempunyai keunikan karena memiliki batu diatas puncaknya (konon katanya pakunya tanah jawa), batu itu berada diantara dua buah cekungan, mungkin kawah kering atau apa saya juga kurang paham.

Base camp pendakian

Basecamp pakuwojo ini tepat berada di pinggir jalan jadi anda tidak akan terlalu sulit untuk menemukan tempatnya,  tepatnya di dusun sidorejo , Desa tieng

Dari kota wonosobo anda hanya memerlukan kurang lebih 30 menit untuk sampai di base camp ini, tepat sebelum gardu pandang sebelum jalan tanjakan anda akan bisa melihat plang basecamp dikanan jalan tepat ditikungan jalan.


Foto di depan basecamp


Anda tidak perlu takut untuk bertanya-tanya tentang gunung pakuwojo ataupun sekedar basa-basi bercerita kesan kemari dengan para penduduk karena penduduk dan para penjaga base camp sangat sangat ramah dan menyenangkan.


Saya saranin untuk pendakian pakuwojo dilakukan malam hari, kenapa? Karena menurut saya memang mendaki saat gelap akan lebih mengasikan dan apalagi di gunung pakuwojo ini kita akan lebih bisa mendapatkan kesannya mendaki di malam hari karena jalannya masih terkesan alami (entah memang dibuat sedemikian rupa atau memang belum banyak dikenal  jadi seakan-akan kita jalan di hutan gitu men :-D ) 

Suara hewan2 malam masih bisa kita jumpai disini, eit eit tapi jangan kaget dengan suara aneh karena para petani kebanyakan menghidupkan alat semprot untuk menyirami ladangnya, sempat juga salah satu dari anggota kami takut dengan suara yang timbul dari air trsbut :-D,
Alasan kedua karena waktu yang dibututhkan untuk sampai puncak juga tidak terlalu lama jadi daripada kedinginan mending naiknya malam hari saja.



Dari basecamp anda nanti akan diantar oleh petugas sana menuju jalur pendakian, karena memang agak sedikit membingungkan saat masih berada di perkebunan / ladang warga. Saya dan sahabat2 saja kemaren sempat salah jalan hahahaha


Menuju pos 1 diperlukan waktu selama 20 menit dengan melewati jalan setapak ladang kentang warga. Kalau saat siang hari dari pos 1 ini kita sudah bisa menikmati pemandangan ladang kentang yag indah.
Menuju pos 2 diperlukan waktu tidak terlalu lama, sama halnya dari base camp menuju pos 1 sekitar 20 menit.



Foto di pos 2 bersama petugas dari base camp


Nah, dari pos 2 ini untuk menuju pos 3 merupakan hadiah dari jalur pendakian ini karena kebanyakan jalannya sangat landai.


Sebelum dipos 3 anda akan melewati yang namanya Terowongan cinta , gak tau juga sih kenapa juga bisa dibilang seperti itu.




 




Foto terowongan cinta di siang hari





Pos 3


Pos 3 merupakan pos terakhir sebelum anda akan dipaksa mengeluarkan tenaga yg lebih dari track yang tadi, karena dari pos 3 menuju puncak jalur akan menanjak dan sulit karena jalannya sempit . membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk smpai puncak pakuwojo.

Pendakian saya dan sahabat2  disambut hangat oleh alam indonesia karena paginya kami dihadiahi Golden sunrise yang memang indah, terimakasih Tuhan pagi itu luarbiasa.


Golden sunrise pakuwojo




Lagi nih

Aku dan pakuwojo

Lagiii

kita !!!!


Puncak

Puncak Lagiiiiiiii


bunga keabadian ( edelweis / eidelweis )








WE ARE HERE ! HOW ABOUT YOU ?!


Selamat mendaki di pakuwojo !! 



NB: terimakasih banyak buat bang xxxx atas kebaikan menemani  kita dari naik sampai turun lagi





2 komentar:

  1. kalo tanpa kendaraan pribadi ke daerah basecamp pakuwojo gmana ya? terimakasih

    BalasHapus
  2. kalo tanpa kendaraan pribadi ke daerah basecamp pakuwojo gmana ya? terimakasih

    BalasHapus